Senin, 26 Juli 2010

Pemkab Pesawaran Mau Bikin Tujuh Desa Mandiri Pangan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran, Provinsi Lampung, akan mengembangkan desa mandiri pangan di tujuh desa yang tersebar di tiap kecamatan yang ada di daerah setempat.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran, Nasrial, mengatakan, di Pesawaran, Selasa (20/7), yang dimaksud sebagai desa mandiri pangan adalah desa yang mampu memenuhi kebutuhan konsumsi energi dan protein dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang ada. Selain menguntungkan warganya, juga sebagai pemanfaatan sumber daya desa tersebut diharap juga berguna dan berdampak positif bagi warga sekitarnya.


Ia mengatakan, pengembangan desa mandiri pangan menjadi kegiatan yang paling diprioritaskan oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran pada 2011 mendatang untuk mengentaskan kemiskinan di daerah tersebut. "Dalam rangka penanganan kerawanan pangan dan kemiskinan, pada 2011 akan dilaksanakan kegiatan pengembangan desa mandiri pangan," ujar Nasrial.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui empat tahap, yaitu persiapan, penumbuhan, pengembangan, dan kemandirian. "Adapun tujuan dari pengembangan desa mandiri pangan itu untuk meningkatkan kemandirian masyarakat, meningkatkan peran dan fungsi kelembagaan masyarakat desa, mengembangkan sistem ketahanan pangan masyarakat desa, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan aksesibilitas masyarakat," terang Nasrial.

Dalam pelaksanaannya, program pengembangan desa mandiri pangan akan difasilitasi dengan masukan antara lain, instruktur, pendamping dalam bidang manajemen kelompok dan usaha serta teknis, bantuan permodalan, sarana dan prasarana, tenaga kerja, serta teknologi. "Hal tersebut nantinya akan digunakan untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan seperti pemberdayaan masyarakat sepertipendampingan, pelatihan, fasilitasi dan penguatan kelembagaan, harmonisasi sistem ketahanan pangan, pengembangan keamanan pangan, serta antisipasi maupun penanggulangan kerawanan pangan," papar Nasrial.

Melalui berbagai kegiatan tersebut nantinya, diharapkan masyarakat desa mempunyai kemampuan dalam mengelola aspek ketersediaan dan distribusi pangan dengan gizi seimbang dan aman serta mampu mengatasi masalah pangan serta mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melawan kelaparan dan kemiskinan, sehingga diharapkan dapat menurunkan kerawanan pangan dan gizi. "Dalam pengembangan desa mandiri pangan itu, setiap desa memerlukan dana sebesar Rp100 juta. Dana tersebut telah diusulkan pada alokasi APBN 2011 mendatang," ujar Nasrial menerangkan.

Kabupaten Pesawaran memiliki 133 desa dari 7 kecamatan yang ada di daerah setempat dengan jumlah penduduk sebesar 400 ribu jiwa. (Ant/OL-5)


Sumber :
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/07/20/156724/126/101/Pemkab-Pesawaran-Mau-Bikin-Tujuh-Desa-Mandiri-Pangan-
20 juli 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar