Kamis, 27 Juni 2013

Kotabumi Sudah Pantas Menjadi Ibukota Provinsi

Lampung Utara, (Wartajakarta.com)--Keinginan terbentuknya propinsi baru wilayah Utara (sebagai pemekaran) Propinsi Lampung yang beribukota di Kotabumi, Lampung Utara, menurut Ir.H.Azwar Yazid, MM, sudah menjadi keinginan semua Pemda yang ada di Lampung Utara beserta masyarakatnya.

Masyarakat dan Pemda-Pemda kabupaten berdampingan yang dimaksud, Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat , adalah kabupaten kabupaten hasil pemekaran dari cakupan wilayah Kabupaten Lampung Utara dahulu sesuai dengan nilai-nilai historisnya. Hal disampaikan H Azwar Yazid , dalam keterangan Pers di ruang kerjanya, Kamis (28-03),



Kabupaten-kabupaten yang sudah bersepakat untuk mewujudkan terbentuknya propinsi baru wilayah Utara Propinsi Lampung itu, menurut Azwar , terdiri dari Kabupaten Lampung Utara, Lampung Barat, Tulang Bawang, Waykanan, Tulang Bawang Barat, Kabupaten Mesuji ditambah dengan daerah otonom baru (DOB) Pesisir Barat (pemekaran dari Lampung Barat). Jadi ada 7 kabupaten dengan luas wilayah 1.752.259,407 Ha atau 52,40 % dari luas wilayah Propinsi Lampung saat ini.

Daerah daerah tersebut sudah menyepakati untuk menjadikan Kotabumi sebagai ibu kota propinsi baru sekaligus menggeser atau memindahkan pusat pemerintahan Kabupaten Lampung Utara ke wilayah Utaranya yakni di wilayah Kecamatan Sungkai Utara saat ini setelah mengakomodir keinginan keinginan masyarakat beserta dengan kesiapan lahan dan berbagai pertimbangan lainnya.

Keinginan bersama untuk merentas rentang kendali pelayanan pemerintahan dalam wilayah yang dirasakan sangat luas itu pula, maka pada tahun 2011 lalu telah terbentuk tim pengkajian potensi pemekaran propinsi baru, telah ada pula panitia bersama pemekaran propinsi yang didalamnya terdiri dari unsur unsur kabupaten berdampingan itu tadi, tuturnya.

Saat ini, upaya pemekaran propinsi baru tersebut terus dilakukan . Sementara Pemda Lampung Utara dalam merealiasi berbagai pembangunan selalu diserasikan dengan daya dukung untuk Kotabumi menjadi ibukotanya provinsi yang baru nanti. Itu sebabnya pada Musrenbang Kabupaten Lampung Utara kemarin (Wartajakarta.com, 28-3, red) Bupati Lampung Utara Zainal Abidin menekankan seluruh peserta untuk ekstra pikir dan kerja keras guna menghasilkan hasil Musrenbang yang berdaya saing dan mendukung rencana pembangunan provinsi baru dengan Kotabumi sebagai pusat pemerintahannya, ujar Azwar Yazid. (Yoel Lukasim).


Sumber :
http://wartajakarta.com/kategori/berita-3263-irhazwar-yazid-mm-kotabumi-sudah-pantas-menjadi-ibukota-provinsi.html
29 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar